MENGENALI APLKIKASI MINITAB


Minitab adalah software (perangkat lunak) untuk analisis statistik. Sofware ini dapat digunakan untuk mempelajari tentang statistik seperti halnya dalam penelitian mengenai statistik. Aplikasi komputer analisis statistik memiliki keuntungan yang akurat (tepat), reliabel (terpercaya), dan biasanya lebih cepat daripada menghitung statistik dan menggambar grafik dengan tangan (manual).
Minitab  14  merupakan  hasil  dari  pengembangan  minitab  versi  13  yang direfisi dengan  beberapa  kemudahan  dalam  mengolah  data  statistik  dan  dilengkapi  dengan beberapa desain output yang menarik. Sofware ini juga memiliki kemampuan fleksibel yang sangat tinggi sehingga sangat mudah dipakai sekalipun bagi pemula. Dengan dilengkapi fasilitas HELP yang memberikan penjelasan tentang command dan syntax.
Secara default, Minitab 14 terdiri dari empat windows seperti halnya terdapat pada

Minitab 13 yaitu Data Window, Session Window, Info Window dan History Window.

Sedangkan secara keseluruhan environment Minitab terdiri dari beberapa bagian

yaitu:
  1.  Session window : menampilkan hasil analisis
2.   Worksheet Window: memuat data yang akan dianalisis

3.   Data Window : Menunjukan posisi baris dan kolom data

4. Menu Utama : Memuat kumpulan Perintah analisis statistik, manipulasi data dan transformasi data. Menu utama ini dapat menjalankan perintah secara langsung maupun dengan dialog box
5.   Graph Window : Menampilkan grafik beresolusi tinggi

6.   Info window : menampilkan summary dari worksheet

7.   History window: menampung semua perintah yang telah dipergunakan pada session.

Perintah pada history window ini dapat pula dijalankan kembali dengan mengcopy dan mempaste pada command Line Editor
8.   Session Command merupakan alternatif untuk menu command yang dapat diketikan pada session window
cara menjalankan MINITAB 14 yaitu dengan cara mengklik tombol start pada sudut kiri bawah layar monitor kemudian pilih All Programs > Minitab 14 > Minitab 14 seperti gambar berikut:
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net